poeshoe ...

Tips Melewati Kondisi Jalan Tertentu

Jalan yang tergenang air
Saat melewati genangan air, usahakan untuk mengurangi kecepatan karena genangan air membuat traksi (gesekan) ban berkurang. Usahakan untuk menghindari genangan air karena kita tidak tahu seberapa dalam genangan air tersebut.

Jalan yang banyak pasir, berlumpur / tanah atau banyak daun kering
Kondisi jalan seperti ini bisa membuat kita kehilangan kontrol kemudi atau ban selip saat mengendarai sepeda motor. Cara yang benar tentunya dengan menghindari jalan tersebut, namun jika sudah terlalu dekat akan sangat berbahaya jika berbelok-belok (zig zag) untuk menghindar. Sebaiknya kurangi kecepatan sepeda motor dan melintas secara perlahan.

Polisi tidur
Saat melewati polisi tidur, kurangi kecepatan dan melintas dengan posisi tetap tegak lurus untuk menjaga keseimbangan sepeda motor.

Jalan berbatu-batu atau bergelombang
Untuk melewati jalan seperti ini, kecepatan sepeda motor rendah dan melintas secara perlahan dengan hati-hati dan jangan berbelok-belok. Hindari memindah gigi atau menambah kecepatan dan posisi badan pengendara sedikit mengangkat pantat (posisi seperti berdiri dengan lutut sedikit ditekuk), posisi ini akan lebih memudahkan untuk menyeimbangkan kendaraan.

Melewati penutup lubang dari baja dan rel kereta api
Kadang kala pengendara menemui penutup lubang kabel telepon bawah tanah atau air yang terbuat dari baja, atau rel kereta api. Jika kondisi basah (hujan) dan sedikit berlumpur, lempeng baja akan menjadi sangat licin. Melintaslah dengan perlahan dan berhati-hati.

Tumpahan oli
Oli yang tumpah dijalan sangat membahayakan karena dapat menghilangkan traksi (gesekan) ban, stang kemudi menjadi susah dikontrol. Saat melintasinya, jangan sampai dalam kondisi miring / berbelok. Lebih baik posisi kendaraan tegak lurus dan kurangi kecepatan.

Kondisi hujan
Jalan yang basah akan membuat jarak pengereman menjadi lebih jauh. Jaga jarak kendaraan lebih panjang agar tidak ditabrak kendaraan lain dari belakang. Saat akan berbelok kurangi kecepatan kendaraan dibandingkan saat kita melewati jalan dalam kondisi kering.

Related Post:

0 komentar: